Kuliah


Kehidupan sebelum pandemi dengan selama pandemi berasa beda banget. Sebelum pandemi gue sibuk kuliah dari pagi sampai sore, tiba dirumah langsung rebahan, ketiduran. Kadang sampai gak ada waktu buat nongkrong bareng teman. Kecuali masih dalam lingkungan kampus, itupun juga kalau gak mampus karena mata kuliah yang meresahkan.

Gue juga gak ikut gabung organisasi ataupun kegiatan kepanitian di kampus. Padahal dari SD sampai SMA gue selalu ikut organisasi ataupun event di tingkat kecamatan sampai provinsi dan sering disuruh jadi ketua. Gue ngerasa udah cukup, juga ada sedikit rasa capek. Daripada gue ngikutin organisasi atau kegiatan kepanitian di kampus, gue lebih milih untuk merencanakan, melakukan, dan mengembangkan ide yang ada dalam pikiran gue yang sesuai dengan tujuan hidup untuk mengisi waktu kosong.

Berarti lu introvert dong?

Bukan, gue bukan orang yang introvert, malah gue seorang ekstrovert, lebih tepatnya Thingking Ekstrovert. Hasil dari tes kepribadian namanya STIFIn yang gue lakukan pas SMA dulu. Tesnya itu bukan tes tulis tapi tes berdasarkan sidik jari. Dan cukup meyakinkan karena setahu gue sidik jari itu gak akan berubah. Jadi, gue ngerasa tesnya cukup akurat dan gak akan pernah berubah sampai tua nanti.

Selama hidup kayaknya gue paling sering menyendiri deh, mencari ketenangan dan berfikir dari hal-hal yang paling serius sampai hal-hal yang paling random yang muncul di otak gue. Pas berfikir biasanya gue berkomunikasi dengan diri gue yang lainnya, bahkan sampai debat gak jelas. Misal, mikirin tentang konspirasi yang ada di dunia sampai mikirin sebenarnya pas belanja itu yang bilang terimakasih pembeli atau penjual sih?. Random banget. 

Kalau udah capek atau ngerasa bosen baru deh keluar rumah nongkrong bareng teman. Walaupun pas nongkrong sebenarnya gue lebih suka menyendiri di keramaian. Gue juga gak tau kenapa, tapi serius enak parah.

Oiya, buat yang belum tau, gue kuliah di jurusan Sistem Informasi. Jadi seorang mahasiswa IT itu berat banget. Orang-orang disekitar gue, ngerasa gue tahu banyak hal tentang teknologi. Padahal mah enggak, biasa aja. Gue pernah disuruh perbaiki tv sama saudara. Pas gue bilang gak bisa dia ngebalas "Tapi kan lu anak IT". Otak gue langsung kayak "APAAN SIK. IYA GUE ANAK IT TAPI GAK GITU KONSEPNYA!".

Kadang sampai ngelunjak minta perbaiki remote sampai kipas angin. Ya allah, capek batin gue. Rasa ingin memperbaiki bug di otaknya meningkat tajam. Padahal gue udah coba jelasin kalau gue itu lebih ke programming dan bisnisnya. Sedangkan untuk memperbaiki tv, remote, ataupun kipas angin mungkin anak elektro yang lebih paham.

Anak IT itu idaman banget, sumpah. Titik koma aja di perhatiin apalagi kamu, jiakh.

Tapi beneran deh. Kalau lagi ngoding harus perhatiin titik komanya, kadang sampai gak bisa tidur buat nyari titik koma yang ketinggalan ataupun error yang harus di perbaiki. Sekalinya ketiduran, langsung depan laptop, alasnya? keyboard, mimpinya? tetap ngoding, nyari bug lagi.

Kuliah dimasa pandemi enak gak enak si. Dibilang enak karena pas lagi zoom atau gmeet kita bisa off cam. Jadi dosen ngomong memaparkan materi, kita bisa tinggal lari. Tapi ya gitu, yang rugi diri sendiri. Itupun tergantung dosennya juga, ada yang bisa ada yang enggak harus pinter-pinter nyari timing sih. Gak enaknya itu karena dosen yang ngasi tugas, banyaknya suka ngadi-ngadi. Ya enak kalau dosennya bisa di ajak kompromi, kalau enggak bisa mati gara-gara tugas yang bejibun. Dosen yang ngasih tugas juga gak cuman satu atau dua, tapi semua dosen.

Sekarang gue bener-bener sibuk dari yang ngerjain urusan perkuliahan sampai ngerjain hal-hal yang penting banget untuk mencapai tujuan hidup. Gue punya goals yang harus gue kejar, dari goals tadi gue pecah lagi menjadi sub-sub goals supaya pas ngerjainnya gak terasa berat dan kehidupan gue terarah. Kalau goal udah tercapai langsung deh gue ceklis di catatan biar gak kelupaan.

Eh, udahan dulu kali ya ceritanya. Otak gue mulai berasap nih gara-gara nulis tulisan ini selama tiga jam. Bye~

43 komentar

  1. Hi mas Ananda,

    Baca tulisan ini sampai ngos-ngosan, berasa diajak lari hahahaha. Sepertinya mas Ananda sedang hectic sekali dengan tumpukan tugas yang tiada akhir, namun saya tetap salut lhooo, karena mas Ananda nggak give up dalam mengejar goals yang mas Ananda punya 😁 Semangat yaaa, semoga dilancarkan rencananya ~

    By the way, saya ketawa baca part anak IT disuruh betulkan remote, sekaligus merasa dijitak karena saya sering menganggap pasangan saya yang anak IT bisa segalanya termasuk betulkan barang rusak 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngos-ngosan minum air gih kak Eno. HAHAH. Iya nih aku lagi sibuk banget apalagi tugas yang numpuk. Untungnya aku punya solusi biar tugasnya gak numpuk, tinggal di jejerin satu-satu wkwkwk. Aamiin makasih ya kak. 😁

      Ya ampun, kak eno berdosa banget. Nyuruh-nyuruh anak IT perbaiki remote. 😡

      Hapus
  2. Nongkrong tapi menyendiri dalam keramaian, aneh juga rasanya kontradiktif ya.., nongkrong untuk mendatangi keramaian eh malah menyendiri dalam keramaian..
    Enak parah kata Abang.., bener sih enak parah.., wkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku emang aneh, dari dulu emang gitu. Harap maklum. 😁

      Hapus
  3. Cuma bisa bilang semangat... Yah kuliah emang susah yah. rasanya tuh pengen jungkir balik kalau udh di setorin tugas2 dari dosen.. bahahah.. I feel that too..

    Ya Ampun Mas.. Saya kok ngakak yah baca anak IT disuruh bnerin kipas sama remot.. Soalnya saya relate banget. Saya asal dari Teknik Kimia. Tapi sering ditanyain soal-soal yg hhhmmm Kimia Murni banget.. Padahal di Teknik Kimia kita nggak belajar kimia sedalam itu. Apalagi konsentrasi saya di Alam Terbarukan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih bang, gak ngerti lagi sama tugas-tugas yang selalu muncul gak abis-abis. Kalau gini terus mending kuliah tatap muka soalnya selesai gak selesai tugas tetap dikumpulin pas lagi di kelas.

      Oh ternyata gak cuman anak IT doang ya wkwkwk. Yaudah, sama-sama banyakin sabar aja kita bang. Kalau gak kuat lambaikan tangan ke kamera aja. 🤣

      Hapus
  4. yodah dikipasin dulu deh biar asepnya ga kemebul...gw garing yak wakkakakak


    ya...sama sih gw pas kuliah beberapa tahun silam #ketahuan usianya...juga ga ikut organisasi di kampus..padahal sejak jenjang pendidikan sebelumnya aktipis banget (((aktipis gw kata)))...cuma pas uda kuliah kok ya rasanya males oeganisasi...bukan karena introvert juga sik...cuma lebih ke agak males kegiatan karena fokus w pada masa itu emang di nilai ip (jujur bangat yak)...gw cuma pingin lulus ceoet dan ga keteteran aja, sehingga ga nambah nambahi biaya spp klo sampe kulnya molor gegara kebanyakan organisasi...

    btw anak SI, artinya tu makaanan sehari hari nyanding pesti nyanding algorotma kalkulus dan kawan kawannya dong....mancap yaaakkk...makin bikin otak berasap ..tapi memang irang di luar sana suka ga paham sih misal kita prodinya ini e taunya disuruh dandan dandan...agak ngikjk gw pas baca bagian suruh benerin remot tipi segala hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apaan sih mba, gue malah ikutan ketawa baca ketawanya. HAHAHA

      Wah ternyata mbanya pernah aktif juga ya bund wkwkw. Bener sih kak, kita jangan sampai kuliah keteteran karena terlalu sibuk sama organisasi. Juga gak boleh berlebihan ikut organisasi sampai-sampai kita lupa bahwa ngembangin hardskill juga penting.

      Agak kurang tepat mba, untuk kalkulus lebih difokuskan untuk mahasiswa Teknologi Informasi (TI). Di SI memang ada matematikanya tapi lebih ke Statistika. Bedanya SI sama TI, kalau anak SI itu lebih ke bisnis, karena banyak matkul manajemennya. Persamaannya, ya sama-sama ngoding.

      Orang-orang emang suka gak ngira-ngira kalau minta tolong mah. HAHAHAH

      Hapus
  5. Hahahaha.. ketawa pas bagian zoom meeting dan kabur.. boleh dibagi tuh triknya..

    Tapi bener banget tuh kalau ada salah kaprah soal IT. Banyak yang mikir sama seperti reparasi barang elektronik. Semua peralatan elektronik dianggap bagian dari IT.

    Apa matanya ga blur mas kebanyakan nyari titik yang kadang nemuinnya lebih susah daripada nyari jarum di jerami..:-D

    Cemungutzz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa bang pake aja, kabur pas lagi zoom atau gmeet udah jadi life hack yang umum bagi mahasiswa sekarang wkwkw.

      Alhamdulillah belum blur sih, gak tau kalau ntar gimanannya. HAHAHAH

      Terimakasih. 🙏

      Hapus
  6. Wkwkwk konsep anak IT yang disangka dewa elektro, sama kayak guru bahasa yang disangka kamus berjalan 😂. Kalau ada 1 vocab yang nggak diketahui, suka dibilang "tapi kan kamu guru" ya tapi guru kan juga manusia, bukan kamus 😂

    Anyway, Kak Ananda ini ada bakat standup comedy deh. Coba daftar ke SUCI atuh 🤣

    Semangat kuliahnya yaaa. Besok-besok beli wireless earphone, biar kalau lagi zoom meeting, bisa ditinggal lari tapi tetap masih bisa dengar audionya 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh, wkwkkw.

      Lah masa?. Gak pede aku kak Lia. Masih nyaman seperti ini dulu. 😋

      Ide yang bagus tuh. Tapi kayaknya lebih mendingan kabur sekalian aja. Soalnya males banget dengerin dosen ceramah di zoom atau gmeet, yang ada malah akunya yang ngantuk. 🤣

      Hapus
  7. berarti anak it termasuk romantis ya, titik koma aja di perhatiin, apalagi kamu.. dijamin punya pacar anak it pasti romantis terus :D

    BalasHapus
  8. Wahaha!
    Halo halo bandung, perkenalkan saya Andie anak IT jaman dulu.. keresahan anak TI/SI itu hampir-hampir mirip la.. laporan dan project bejibun kan? wkwkwk

    Saya ga pernah ngerasain kuliah onlen, tapi saya bisa kira-kira rasanya sama kayak libur panjang. Libur panjang itu emang enak, tapi tugasnya kagak enak sama sekali wkwkwk.. Mungkin sama kali ya rasanya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, harus hormat nih ada senior. 🙏
      Bener banget nih bang Andie. Tugasnya banyak banget, berasa gak ada habisnya.

      Hapus
  9. Hallo anak IT, saya juga ada remote rusak nih. *ngajak ribut*, hihihi...

    Klo salah konsep gini sering ngalamin sih, bukan aku yang ngalamin tapi suami. ha ha ha...
    tiap ada barang elektronik yang rusak ya masa keluarganya pada nyamperin dia. Udah sekalian aja apa ya kita buka bengkel reparasi buat nambah cuan. Bener kagak, tambah rusak iya. wkwkwk

    Semangat terus Mas Ananda, boleh kok sesekali ga ikut zoom meeting. Tapi itu kalau saya yang jadi dosennya. ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah ngelunjak, mintak di tampol online nih. 🤣

      Kasian banget suaminya kak, aku ngerti banget gimana perasaan suaminya. Buat suami kak pipit yang sabar yaa. 😂

      lho? gimana-gimana?

      Hapus
  10. ah baca tulisan ini aku jadi inget blogku di multiply yang ilang pas kuliah dulu
    aku juga random mas mikirnya
    kadang juga suka mikir konspirasi gitu
    tapi sukanya mikir perbatasan antar negara yang hetic gimana buat masukinnya wkwk

    tugas akhir kuliah alias skripsi aku malah ngerjain di peron stasiun saking bosennya hahahaha
    liatin PPKA kasih semboyan baru deh ada ide buat tulisan di skripsi
    ya disambil ngeblog jadi sedikit meringankan
    emang butuh berjam jam buat nulis malah dulu aku pernah 5 jaman bengong buat nulis blog aja

    wah anak IT aku jadi ingat minta bantuan sama anak IT buat software reaksi kimia aku
    kalau urusan pemrograman aku nyerah deh huhu

    sekarang serba zoom ya karena coroces
    aku belum ngrasain si kuliah gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikir berat pas lagi gabut itu emang enak bang. Tapi bikin stamina cepat berkurang. 😁

      Apa-apaan nyari inspirasi cuman sebatas liatin PPKA, ngakak. 😂

      Nah ini gapapa, minta bantuin anak IT tentang software jadi nyambung bang. Bukannya minta tolong ngebenerin barang elektronik. 😭

      Coroces apaan dah? bukannya corona aku ngiranya kecoa. HAHAHA

      Hapus
  11. Ngakak baca pos ini 🤣🤣🤣 Tau banget tuh rasanya sebagai anak IT terus suruh benerin segala macem yang berhubungan dengan "teknologi". Aku punya adek yang juga anak IT, tapi tenang, aku ga kelewatan minta doi benerin remote cuma karena doi anak IT, karena aku tau di IT itu bukan belajarin benerin gituan HAHAHA maklum sedikit banyak aku juga belajar caranya ngoding dan bikin program, meski ini adalah matkul yang aku benci 😫 Eh tapi tetep sih, kalo berhubungan soal web, wifi, aku tetep suka nanya-nanya ke adekku karena kupikir dia harusnya tau yang begini-begini HAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus lah, ternyata ada orang yang udah tercerahkan. 😂

      Hapus
    2. tapi kadang tetep aja adekku suka komplen "gw anak IT tapi ga bisa benerin komputer juga kali kalo ngehang!" hahahaha

      btw baru ganti template yaak... Terus headernya juga. Iya ga sih?

      Hapus
    3. Lho? bisa-bisanya ada pengunjung padahal lagi rapih-rapihin blog. 🤣

      Nah, kalau itu tergantung orang sih. Tapi, memang lebih abdolnya anak IT mengenal semua hal tentang komputer. Termasuk memperbaikinya juga.

      Iya nih, lagi asik otak-atik template. Udah bosan, soalnya udah satu tahun gak ganti. 😁

      Hapus
    4. Hahaha ternyata benar
      Aku kalo otak atik template blog bisa lama bangettt soalnya kaga ngerti ngodingnya 😭😭😭
      Cuma bisa seadanya gitu hahaha
      Bahkan aku pengen bisa ada tombol back to top ato bottom kaya di blog kamu aja kaga ngerti
      Uda pernah cobain sekali tapi failed, malah berupa command button haha
      Sejak itu uda ga coba2 lagi 😂

      Iya kaaan harusnya dia ngerti kaaann HAHAHA

      Hapus
    5. Kalau mau aku bisa bantuk kok kak. Hitung-hitung bisa berbagi ilmu karena aku lumayan paham tentang HTML. Untuk button up dan downnya itu gak susah sih cuman butuh tiga sampai empat tahap aja. 😁

      Hapus
    6. wuiiiihhh boleh tuh dibagi2 ilmunyaa hehehe Bisa juga dibikin dalam bentuk pos, jadi bisa sekalian pengunjung lain bisa liat kan hehehe
      Makasih banyak yaaa!

      Hapus
  12. Ulu ulu.. bener banget. Anak IT emang idaman sih, aku sampe gak bisa move on dari anak Teknik nihhh, hahaha

    Orang awam mana ngerti sih batasan sebuah disiplin ilmu, kadang pengen teriakin ke telinga mereka kalau yang mereka minya diluar kemampuan kita, tapi ya mau gimana lagi, orang awam punya wawasannya tersendiri

    Semangat kuliah yaaks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak tolong anak IT sama anak Teknik itu beda. 😭

      Bener tuh, jadi kita butuh kesabaran yang ektra untuk menghadapinya. Tapi masalahnya orang kayak gini gak abis-abis. 😭

      Hapus
    2. Di kampus aku awalnya IT masuk fakultas teknik btw, dan beberapa tahun belakanh baru dipisah ke fakultas teknologi informasi

      Hapus
    3. IT bukannya teknik informatika ya??? Kalo dikampusku sih masih tergolong teknik hehe gelarnya pun ST (Sarjana Teknik)

      Hapus
  13. " ... yang sesuai dengan tujuan hidup untuk mengisi waktu kosong" Bener-bener tujuan hidup ya... Btw, kenapa lu engga upgrade skil benerin kipas angin tadi aja, buat ngisi waktu kosong. Hmm...

    Gue juga kuliah IT dulu sama persis, titik koma diperhatiin, apa lagi soal hubungan sama cewek. Ya walau pun waktu itu sering ditinggal. Tapi sekarnag udah nikah jga sih wkk. Apa bange gue. :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena gak sesuai dengan tujuan hidup. Jadi males banget untuk mempelajari skillnya. 😅

      Nah kan, emang anak IT itu idaman banget sih. Valid no debat. Asli. 🤣

      Hapus
    2. Lu entar kalau udah nikah engga bisa pilih skil, harus bisa semua bro wkwkw

      Hapus
  14. Orang IT disuruh ngebenerin TV? Wah, itu memang jauh banget.

    Eh tapi, di kantor sering lho ada yang tanya, "Eh, rumus apa sih buat nyari bunga pinjaman di MS Excel? Kan elu anak IT, masa nggak tahu?" Wakakakak... yang jabatannya senior programmer langsung kabur ngerokok nggak balik-balik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian banget, langsung kabur senior programmer. Pasti gak kuat. 😂

      Hapus
  15. Eh kalo zoom meeting atau google meet ditinggal lari, gimana kalo tiba-tiba disuruh nunjukin muka jawab pertanyaan gitu? Pernah ga sih?

    Beberapa waktu lalu pernah baca2 di twitter malah kalau di kampung, kalau ada yang statusnya mahasiswa, dianggap serba bisa segala hal wkwkwk suram memang 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah, pasrah. Tinggal berserah diri sama tuhan aja. 😂

      Kasian banget. Jadi berasa punya tanggung jawab yang besar tuh, harus ngerti segala hal dan bisa membantu masyarakat di kampung. 🤣

      Hapus
  16. Walaupun pas nongkrong sebenarnya gue lebih suka menyendiri di keramaian. Gue juga gak tau kenapa, tapi serius enak parah. aku setuju sama pernyataan itu krena aku sendiri juga ngrasain itu sumpah peunak! nah soal jurusan, kadang orang emang sok tahu, melabeli bahwa kalau IT ya bisanya macem2 berkaitan sama teknologi. Begtu juga aku, jurusan BI (sastra) pasti pinter bikin puisilah, bisa teater. Tidak seperti itu juga sih cara mainnya. Pasti semua punya pakem2nya sendiri karena aku juga ngambilnya lebih ke pendidikan dan tidak tertarik pada sastra. ah malah ikutan curhat hahaha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak gapapa, keluarkan semua uneg-uneg mu kak tentang orang-orang yang sering salah kaprah dengan Jurusan yang di ambil. Salam hangat dari Anak IT yang sering di dzolimi. 😂

      Hapus
    2. Sama sama terzolimi sih wkwkwkwkw

      Hapus