Tampilan Baru

Tampilan Baru

Hey yo, welcome back!.

Kalau kalian orang yang cukup sering main ke blog gue dan ngerasa "Kayaknya tampilan baru deh? Ya gak sih?". Yap, kalian bener banget. Setelah bergelut dengan code HTML hampir seharian, akhirnya gue berhasil menyelesaikan tampilan blog yang baru ini. Hal ini membuktikan bahwa kayaknya gue lebih bisa memahami code bahasa pemrograman daripada code bahasa cewek deh. Hmm cupu banget memang.

Sebenarnya gue gak terlalu jago sih dalam menggunakan bahasa pemrograman HTML karena bukan fokus gue disana. Gue lebih memahami bahasa pemrograman seperti Python, MySQL, dan  R Language yang biasanya digunakan untuk mengolah data dan menghasilkan insight yang berguna bagi pengguna. Bisa dibilang gue cukup awam menggunakan bahasa pemrograman HTML. Ada beberapa situasi dimana gue bisa mengimplementasikan bahasa pemrograman yang pernah gue pelajari ke bahasa pemrograman HTML. Jadi gue bener-bener terbantu.

Mengedit template blog seharian bener-bener gak gue saranin. Karena dapat mengakibatkan sakit di area pinggang, mata berkunang-kunang, dan otak yang terpanggang. Gue udah nyoba buat istirahat sebentar. Tapi sekalinya gue mau rebahan buat istirahat, otak gue langsung kayak "Kayaknya bisa ditambah ini deh, kayaknya bisa ditambah itu deh.". Akhirnya gue gak jadi istirahat dan balik lagi ke meja kerja buat otak-atik template blog.

Oke, kayaknya gak usah berlama-lama lagi deh. Gue akan jadi guide buat kalian dan ngasih tau apa aja sih tampilan baru di blog gue ini.

Sebelumnya gue ansumsikan dulu kalau kalian adalah pengunjung baru di blog gue ini. Untuk bisa mengakses blog Tulisan Unfaedah kalian bisa mengakses langsung di Web Browser dan ketik tulisanunfaedah.blogspot.com atau kalian mau mengakses dengan cara yang susah dan lama, kalian bisa mengetik Tulisan Unfaedah di Google Search Engine. Maka kalian akan menemukan blog gue seperti ini di halaman pencarian. 

Halaman Tulisan Unfaedah

Template yang gue gunakan sekarang adalah Lunar Responsive Blogger Template yang di desain oleh Arlina kemudian gue kostumisasi sehingga jadilah tampilan seperti sekarang. Lunar Responsive Blogger Template ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti berikut :

Features Availability
Responsive True
SEO True
Google Testing Tool Validator True
Night Mode True
Light Base Theme Color True
Auto Read More with Thumbnail True
Search Box True
Top Navigation True

1. Halaman Utama


Pada halaman utama biasanya kalian menemukan header yang terlalu simpel dan effortless karena gue hanya manampilkan teks Tulisan Unfaedah yang berupa gambar tanpa sedikitpun seni di dalamnya. Di tampilan sekarang gue membuat header yang menurut gue simpel dan keren menggunakan Canva dan sekaligus logo dari blog Tulisan Unfaedah.
Icon Tulisan Unfaedah
Pada aplikasi Canva biasanya gambar disimpan dengan ekstensi PNG secara default dan saat gue menyimpan gambar ini dari Canva ternyata background putih dari gambar gak hilang. Hal ini sangat menganggu bagi gue, karena pada tampilan blog terdapat fitur night mode. Saat pengunjung menggunakan night mode (ada di pojok kanan atas) maka terjadi perbedaan yang kontras antara warna hitam saat night mode dan warna putih background dari header. Jadi gue perlu menghilangkan background menjadi transparan. Untuk menghilangkan background tersebut gue menggunakan aplikasi web bernama Removebg.

Berbeda dengan template sebelumnya pada bagian body blog gue menggunakan tampilan list mode dan sekarang menggunakan grid mode yang merupakan default dari template ini. Yang berbeda dari template aslinya adalah pada kolom tanggal gue menghilangkan desain bubble karena ngerasa gak cocok dan terlalu ramai. Untuk perbandingannya kalian bisa cek langsung di sini.

2. Halaman Postingan


Seperti yang kalian lihat, pada tampilan blog ini hanya menggunakan satu kolom saja dan tidak menggunakan sidebar untuk meletakan widget seperti Popular Post, Archived, dan lain-lain. Karena dari hasil analisis yang gue lakukan dari pengunjung blog gue, gak ada satupun pengunjung yang pernah mengklik link yang ada pada sidebar. Jadi daripada mempersempit space yang ada pada blog, gue memutuskan untuk menghilangkannya. 

Pada halaman postingan sebenarnya gak banyak hal yang gue ubah dari template aslinya. Yang gue lakukan hanya mengganti font dan mengubah tampilan blockquote dimana biasanya di isi dengan quote dari penulis yang ingin di tampilkan. Berikut tampilan blockquote-nya


"Blockquote Tulisan Unfaedah"


Gue juga menambahkan beberapa pemanis dalam blog ini. Misalkan button up and down, tujuannya agar pengunjung gak capek scroll dari atas kebawah karena tulisan dan komentar yang terlalu panjang. Kemudian gue juga menambahkan progress scroll bar dimana akan kelihatan kalau kalian melakukan scroll ke atas atau kebawah yang terletak di bagian paling atas blog berwarna merah. Dan terakhir gue juga menambahkan background pada tulisan yang di blok dengan warna hitam yang biasanya akan berwarna biru muda. Jelasnya seperti berikut.



3. Font dan Warna

Karena gue gak suka dengan font asli dari template ini gue memutuskan untuk mengubahnya. Font sebelumnya bernama Google Sans dan sekarang gue ganti. Ada dua font yang gue gunakan yaitu Barlow dan Barlow Semi Condensed. Kenapa? Karena saat gue ingin menggunakan Barlow sebagai font judul, gue di rekomendasikan langsung untuk menggunkan Barlow Semi Condensed sebagai font isi dari websitenya. Semua font tadi bisa kalian dapatkan di Google Fonts.

Untuk warna gue menjadikan warna merah sebagai warna utama. Awalnya gue udah nyoba warna biru karena warna paling gue suka, tapi pas dicoba ternyata gak bagus. Makanya gue ganti jadi warna  merah. Jika kalian mau menggunakan warna ini kalian bisa cek di sini untuk lebih lengkapnya.

Tampilan baru pada blog ini udah responsive dan akan menyesuaikan sesuai device yang kalian gunakan. Jadi pengalaman yang kalian dapatkan di tampilan desktop gak akan berbeda jauh dengan pengalaman saat menggunakan smartphone. Paling bedanya di ukurannya yang agak lebih kecil.

Untuk sisanya kalian bisa explore sendiri dari tampilan blog yang baru ini. Karena mungkin ada beberapa detail yang kelupaan saat menulis tulisan. Gue gak janji kalau tampilan ini akan bertahan lama atau enggak. Karena gue emang suka otak-atik code. Jadi bisa aja beberapa bulan lagi akan berubah. Tergantung mood sih. Semoga kalian betah berlama-lama di blog gue ini. Kalau lagi gabut kalian bisa buka blog Tulisan Unfaedah dan kalau lagi sibuk kalian juga bisa membuka blog Tulisan Unfaedah. Karena blog Tulisan Unfaedah bisa dibuka kapan dan dimana aja.

Kira-kira menurut kalian gimana tampilan yang baru ini? Apa ada saran dari segi tampilan yang perlu di tambahkan ataupun untuk blog secara keseluruhan gak?. Kalian juga bisa bertanya kalau ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Silahkan di isi di kolom komentar ya. Terimakasih.

19 komentar

  1. Bagusss Nan.. baru sadar kalau tampilannya baru.. hahah 😉 pantesan agak asing pas kesini.. Mba Arlina emnk jago yah, kamu jago juga sih bisa customize html.. dlu yah saya pke thema dari Mba Arlina juga, tapi terus tak ganti ke punyanya Mas Sugeng... mungkin karena customisasi beliau paling mudah menurutku.. masuk2in iklan nggk perlu edit HTML yg kadang bikin pusing.. 🤣🤣 saya nggk jago soalnya kalau udh masalah edit HTML..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba arline sama mas sugeng emang jago dari dulunya. Tergantung selera sih, aku milih template mba arlina karna ngerasa sesuai sama konsep template yang mau aku bikin. 😁

      Hapus
  2. Bagus dan cakep bang! Suka banget sama template blog yang putih begini.. Tulisannya juga enak dibaca..

    Keren ih data scientist! Saya programmer web bang, cuma ga mau bikin blog pake platform sendiri :))

    BalasHapus
  3. Tampilan barunya lebih fresh tentunya 👏🏻 tapi tapi, aku agak keganggu dengan posisi panah jump to top and jump to end-nya (aku online via mobile btw), posisinya agak menutupi tulisan. Gimana kalau dibuat agak lebih ke samping atau letaknya di bawah? Agar nggak menghalangi tulisan di body. But overall semuanya udah bagusss! Keren deh 👍🏻👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas masukannya kak Lia. Tombolnya udah saya geser kebawah. 😁

      Hapus
  4. Tambahan:
    Ternyata setelah dicoba klik, tombol jump to top dan jump to end-nya tidak berfungsi. Mungkin bisa dicoba perbaiki 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya baru sadar kalau di beberapa smartphone tombolnya gak bekerja. Sudah aku ubah, semoga betah. 😁

      Hapus
    2. Nah, sekarang udah berfungsi dengan baik dan letaknya udah pas. Pasti jadi makin betah nih 😁

      Hapus
    3. Terimakasih banyak. 😁

      Hapus
  5. Haii Mas. Keren nih tampilan blog nya. Tambah kece. Mas nya jg keren bisa edit edit html.. Saya ga terlalu faham ttg ini sih hahahaa

    Dan tambahan, seperti kata mbak Lia. Tombolnya yg itu tidak berfungsi nih. Bagus kalo diperbaiki lagi mas...

    BalasHapus
  6. saya malah lebih paham html dibandingkan c++

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widih, pasti jago nih desain webnya. Aku juga gak terlalu jago C++, cuman paham fundamentalnya aja bang.

      Hapus
  7. Hola mas Ananda,

    Tampilan blognya semakin keren saja niiiih seperti yang punya ahahahaha *bagi cokelat dooong* 😂 Menurut saya, over all, sangat gampang digunakan dan nggak ada hambatan. Font-nya pun bagus 😍

    Ohya, saya buka pakai laptop, hehehe, terus merasa ingin toss karena sama-sama pemakai merah. Memang merah bagus sih buat warna tambahan di blog. hohoho. Eniho, tombol naik turun di laptop berfungsi normal, namun di hape mungkin seperti kata Lia, nggak berfungsi, mas 😁

    Semoga dengan kehadiran blog baru, mas Ananda tambah semangat blogging, yaaa 🥳🎉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak. Gak ada coklat nih, adanya uang receh aja. Mau ga? hahah. Tombolnya udah saya ubah ya, semoga betah. 😁

      Hapus
  8. Hi mas! Menurut aku ini tampilannya udah oke banget sih, enak banget dilihat, ga ada yg ngeganggu, aku online dari PC, ga tau kalau dr hp, kadang beda.

    Fontnya bagus, ukurannya pas. Aku suka banget sama tampilan yg sederhana tp elegan ini mas

    BalasHapus
  9. Wah dijelaskan di siniii perubahannya. Heheh
    Makin cakeeppp. Tapi untuk font sebetulnya bagus, cuma aku ga suka style yang tralu lengkung. Ini hanya preferensi aja yaaak wkwkw

    Oia gimana itu bikin tombol ke atas dan bawahnyaa??? Ajarin dong kakak hehehe

    BalasHapus